Lihat fitur BKD Jawa Barat dan tanggung jawabnya : TeknoWarta

Lihat fitur BKD Jawa Barat dan tanggung jawabnya

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah BKD dari provinsi Jawa Barat.   Apalagi jika ikut rekrutmen CPNS di daerah masing-masing. BKD atau Badan Kepegawaian Daerah merupakan organisasi pemerintahan yang sangat penting dengan berbagai tugas pokok dan fungsi.

BKD paling dikenal masyarakat ketika ada rekrutmen CPNS. Karena tugas utama CCD ini adalah membantu gubernur atau bupati dalam pengelolaan PNS. Oleh karena itu, tidak hanya dalam pencarian atau rekrutmen PNS, tetapi juga dalam pengaturan dan pengawasan PNS.

Jika anda tertarik untuk menjadi pegawai pemerintah, anda harus tahu tentang BKD dan apa isinya. Dengan cara ini, ia akan lebih memahami tanggung jawab lembaga atau instansi pemerintah.

Setiap kota dan kabupaten harus memiliki kantor CCD yang akan menangani semua urusan administrasi pejabat negara di kota. Ruang lingkup pekerjaan serta tugas organisasi yang satu ini sangat luas dengan tanggung jawab yang besar. Semua tugas dan tanggung jawab ini diatur dalam Undang-Undang.

Dalam organisasi BCS, ada beberapa sub-area yang akan bekerja sesuai dengan tanggung jawab mereka. Baik itu menyediakan fasilitas, monitoring maupun penyusunan laporan. Untuk informasi lebih detail, berikut penjelasan mengenai BKD beserta fungsi dan tugas utamanya.

Mengenal Organisasi Staf Daerah BKD

BKD adalah instansi atau instansi pemerintah yang mengatur pelaksanaan tugas dan pelatihan PNS di suatu daerah. Misalnya, BKD Jawa Barat  akan  bertanggung jawab mengelola, mengatur, memantau dan menyediakan fasilitas bagi PNS di wilayah Jawa Barat.

Sebuah kabupaten atau kota CCD hanya akan bertanggung jawab atas perawatan pegawai negeri sipil di kota yang bersangkutan dan tidak bertanggung jawab atas kota-kota lain. Dengan demikian, kewenangan dibatasi hanya secara regional. Namun, ada juga yang memiliki otoritas nasional, yaitu badan kepegawaian nasional.

Lembaga ini akan menjalankan fungsi sebagai bagian administratif dari manajemen pegawai negeri sipil, penyediaan pekerjaan atau tugas, pelaksanaan pelatihan pelatihan dan masa kerja. Ketika seorang pegawai pemerintah ingin mengurus berbagai file, seperti mutasi atau menyegarkan kacamata/pendidikan, ia harus berurusan dengan lembaga ini.

Kepala BKD Provinsi Jawa Barat bertanggung  jawab langsung kepada pimpinan daerah untuk menjalankan fungsi sesuai dengan aturan hukum. Untuk mewujudkan visi dan misinya, instansi pemerintah ini akan merumuskan program kerja tahunan untuk meningkatkan kinerja organisasi menjadi lebih baik.

Fungsi BKD akan dituangkan dalam program kerja yang diperbarui setiap tahunnya untuk menciptakan kinerja yang efektif dan efisien. Selain itu, dalam BKD, regenerasi dilakukan untuk mempersiapkan SDM masa depan secara andal dan mampu menunjukkan kinerja terbaik.

Mengenal Visi dan Misi BKD Jawa Barat

Visi utamanya adalah “Terwujudnya peralatan yang berkembang dan baik”. Dalam efeknya, tidak apa-apa; Berkualitas, akuntabel, inovatif dan kreatif. Visi ini diharapkan dapat membentuk organisasi yang profesional dan bereputasi baik sehingga dapat membantu kinerja kepala daerah. Berikut adalah deskripsi tentang apa arti visi itu:

  1. Mutu, yang harus memiliki kualitas agar dapat bekerja sesuai dengan ketentuan dan harapan seluruh masyarakat Indonesia.
  2. Akuntabel, yaitu memiliki sikap bertanggung jawab dalam setiap kegiatan atau program kerja yang dilaksanakan.
  3. Inovatif, yang dapat menampilkan atau memperkenalkan hal-hal baru sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja.
  4. Kreatif, yaitu memunculkan kreativitas dengan menciptakan sesuatu atau meningkatkan manfaat dari sesuatu yang sudah ada.
  5. Sejahtera, yaitu untuk menciptakan rasa nyaman dan aman bagi PNS baik secara materi, finansial maupun spiritual.

BKD Provinsi Jawa Barat tidak hanya memiliki visi, tetapi juga menawarkan wisata yang diadakan dari waktu ke waktu. Misi ini akan berubah sesuai dengan kebutuhan pemerintah dan harus dilakukan oleh semua pejabat dalam organisasi ini. Misi berikut berlangsung:

  1. Terwujudnya sistem personalia modern sesuai dengan kemajuan teknologi.
  2. Membantu meningkatkan penghidupan dan kesejahteraan pekerja berdasarkan prestasi kerja masing-masing individu.
  3. Tingkatkan profesionalisme pekerjaan karyawan dengan bimbingan dan pelatihan.

Mengenal tugas BKD Jabar

Sebagai organisasi yang bertanggung jawab langsung terhadap pimpinan daerah, tugas utama BKD adalah mencapai pengelolaan  pegawai pemerintah daerah. Karena itu, semua masalah yang berkaitan dengan administrasi karyawan di lembaga ini harus dilakukan. Tugas dan fungsi lain dari organisasi kepegawaian ini adalah:

  1. Menyusun rencana pengaturan daerah bagi staf daerah dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan sehingga dapat membuat peraturan sesuai standar nasional.
  2. Rencanakan dan siapkan sistem kepegawaian lokal.
  3. Mempertahankan tindakan administratifmengenai administrasi , pemberhentian dan mutasi pegawai negeri sipil.
  4. Membuat draf dan memutuskan kebijakan teknis untuk pengembangan PNS setempat.
  5. Menyediakan layanan administrasi untuk aparatur sipil negara, seperti pengangkatan, pemberhentian, pemindahan, dan perubahan posisi struktural atau operasional yang dipertahankan dalam undang-undang kepegawaian sesuai dengan aturan.
  6. Menyusun dan menyusun kebijakan pensiun pakaian sipil sesuai dengan undang-undang, norma, dan standar prosedur yang berlaku.
  7. Menetapkan upah dan tunjangan untuk kesejahteraan aparatur sipil negara dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan kepegawaian.
  8. Memelihara administrasi aparatur sipil negara dan mengelola sistem informasi kepegawaian setempat.

Berdasarkan fungsi dan tugasnya, CCD Provinsi Jawa Barat memelihara sepenuhnya  kebijakan dan pengaturan segala hal yang berkaitan dengan PNS yang berkedudukan atau bertugas di wilayah Jawa Barat  . Selain itu, ia juga bertanggung jawab atas pengangkatan, promosi, serta pengelolaan pensiun karyawan.

BKD tingkatkan profesionalisme aparatur sipil negara

Penyusunan program kerja diatur dengan matang untuk meningkatkan kinerja aparatur negara. Program kerja tersebut disesuaikan dengan apa yang menjadi tujuan kerja instansi kepegawaian setempat sehingga dapat mendukung terwujudnya visi dan misi organisasi. Dalam hal ini, disesuaikan dengan aturan perundang-undangan di tingkat pusat.

BKD Jawa Barat fokus pada peningkatan profesionalisme kerja dalam rangka membentuk aparatur negara yang handal dan bertanggung jawab.   Dengan demikian, di masa depan, dapat menyiapkan peralatan yang andal yang mampu melakukan tugas dan tanggung jawab. Di antara program kerja yang dilakukan adalah:

  1. Melaksanakan rekrutmen CPNS. Program ini dilaksanakan setiap tahun atau minimal 2 tahun sekali untuk mengisi kekosongan karena pensiun, meninggal dunia, atau kebutuhan akan kekuatan tambahan.
  2. Proses penghargaan berupa peningkatan penghargaan kepada CPNS bagi penerima penghargaan dengan kinerja terbaik sebagai imbalan atas jasa yang terhormat.
  3. Rekrutmen Penerimaan IPDN Praja melalui tes diikuti oleh anak laki-laki dan perempuan setempat dan dari beberapa daerah lain di Indonesia.
  4. Layanan administrasi seperti pembuatan kartu pegger, pengelolaan kartu TASPEN atau pencatatan tanggungan bagi PNS yang sudah menikah.
  5. Menyelenggarakan dan melaksanakan ujian bagi PNS yang memenuhi syarat untuk kenaikan pangkat.
  6. Melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensipelayan publik.
  7. Melaksanakan pelatihan dan pembinaan teknis kepada aparatur negara, baik pelatihan di daerah maupun menyelenggarakan tenaga kerja peserta pelatihan di CCD pusat.

Sebagai organisasi yang membantu kinerja kepala daerah mengatur PNS, BKD memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Tidak hanya mengerjakan tugas yang paling penting dijabarkan berdasarkan fungsinya, BKD Provinsi Jawa Barat juga  harus  menjalankan visi dan misi sebagai organisasi kepegawaian.

Read More :